Trip with Keluarga Boyasah : Panti Asuhan Murah Hati (Tayan - Pontianak)


09 November 2019

yoshh!!! ketemu lagi kita di blog saya ini. pada tulisan kali ini mau sharing Family Trip "Keluarga Boyasah" ke Panti Asuhan Murah Hati pada liburan hari Maulid Nabi kemarin. bagi yang belum tau darimana asal nama Keluarga Boyasah, bisa baca dulu postingan sebelumnya di sini.
sebenarnya pada liburan kali ini kami berencana nginap ke singkawang. tapi karena beberapa pertimbangan, kami akhirnya memutuskan mengunjungi salah satu panti asuhan yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari kota pontianak. sebelumnya bulan lalu kami sudah mengunjungi panti ini. tapi karena sudah kemalaman, jadinya ngak bisa main lama2 disana. kami cuman mendapat beberapa informasi kebutuhan mereka apa saja dan melihat2 kondisi bangunan panti.




letak panti asuhan Murah Hati ini di Jl Trans Kalimantan KM 50 Pontianak - Tayan. bisa dipandu oleh google maps karena sinyal sudah cukup memadai di sepanjang jalan. jika dari arah pontianak, letak panti berada di sebelah kiri dan berada tepat di tepi jalan. panti asuhan ini berafiliasi dengan panti yang berada di jakarta. cuman panti yang di jakarta menerima anak2 di bawah usia sekolah, sedangkan ketika mereka beranjak dewasa, ada yang di pindahkan ke panti yang di pontianak ini. jadi panti di pontianak hanya menerima anak2 di usia sekolah (dari SD - SMA). mengapa tidak menerima anak2 di bawah usia sekolah? karena anak2 di bawah usia sekolah masih perlu penanganan khusus seperti dimandikan, makan perlu disuapin. sehingga perlu tenaga ekstra untuk menjaganya sedangkan di panti ini pengurusnya hanya sepasang suami istri.

alasan mengapa anak2 di usia sekolah dipindahkan ke panti ini adalah untuk menjauhkan anak2 dari hingar bingar perkotaan. karena ada kejadian di panti jakarta, anak2 bolos sekolah karena lokasi panti dekat dengan mall. bukannya pergi sekolah malah bolos main ke mall. ini lah sebabnya kenapa panti di pontianak ini letaknya lumayan jauh dari perkotaan. anak2 di panti ini sebagian besar adalah anak2 dengan masalah broken home. ada yang memang dari keluarga lumayan berada, ada pula yang putus sekolah karena satu dan lain hal. oleh sebab itu, dengan alasan kemanusiaan dan tentunya dengan syarat2 tertentu, pengurus panti mau menerima mereka. sungguh sebuah sifat sosial yang patut kita contoh.
sesi sharing
karena anak2 berasal dari berbagai latar belakang, menjadi tantangan tersendiri bagi pengurus untuk mendidik mereka supaya kembali ke "jalan yang benar". di sini, mereka di ajari cara untuk bercocok tanam dan beternak karena kebetulan panti ini mempunyai lahan yang lumayan luas. mereka juga diajari cara mengemudikan mobil (belajarnya pakai mobil inventaris panti), dan dengan bekerja sama dengan SMA di dekat panti, mereka diajari cara mengoperasikan alat berat. dengan kemampuan2 seperti ini, diharapkan ketika keluar dari panti mereka setidaknya bisa mendapat pekerjaan.

bangunan utama panti masih semi permanen dan dibangun pada tahun 2012. baru belakangan ini ada yang menyumbang dana untuk tambahan bangunan permanen di belakang bangunan utama, dan bangunan baru ini untuk kamar anak laki2. sedangkan anak2 perempuan masih di bangunan lama. panti ini juga baru setahun belakangan ini dialiri listrik. jadi selama hampir 7 tahun ini, tiap malam mereka gelap2an. tiap pagi mereka dapat menikmati mandi air dari mata air didekat panti yang dipompa ke penampungan, tapi itupun terbatas. jadi mereka hanya mandi secukupnya, bukan mandi semaunya. sedangkan sorenya mereka harus jalan ke sumur untuk mandi. mereka harus mandi ke sumur karena untuk memompa air ke penampungan pakai mesin solar, dan demi efisiensi biaya maka sore hari mesin tidak dinyalakan. jadi bagi teman2 yang tinggal di kota, hargailah semua yang kita punya meskipun berkelimpahan.

jasamu sungguh besar Pak Hasim. semoga suatu saat kita bisa bertemu
jadi pada kesempatan ini, kami membawa paket makanan siap saji dari sebuah restoran terkenal yang sudah seringkali kita makan. mungkin dalam setahun, anak2 di panti dapat makan makanan seperti ini dapat dihitung dengan jari. semoga dengan sedikit makanan yang kami bawa ini, bisa membuat mereka senang. kami makan siang bersama kemudian dilanjutkan dengan acara sharing sambil nyanyi2 bareng. anak2 panti ini sangat merindukan untuk dikunjungi karena memang kunjungan ke panti ini sangat jarang dikarenakan lokasinya yang lumayan jauh dari kota. dan juga memang belum banyak yang tau walaupun sudah dibantu oleh dinas sosial untuk di promosikan. sungguh senang kami sekeluarga dan anak2 bisa saling berbagi dengan mereka. traveling memang tidak melulu harus pergi ke tempat2 terkenal atau jauh di negara lain. menurut saya, kunjungan ini juga merupakan sebuah traveling karena saya mendapat ilmu dan cerita pengalaman dari anak2 panti ini.


makan siang bareng
acara kupas mangga dengan ibu panti
setelah makan siang, kami diajak berkeliling oleh pengurus panti. kebutuhan pokok yang paling mereka butuhkan adalah beras, kebutuhan dapur dan makanan yang dapat bertahan lama karena di panti kebetulan ada yang menyumbang freezer. jadi makanan bisa dibekukan di dalam freezer. kemudian untuk anak2 perempuan juga mereka butuh kebutuhan bulanan mereka seperti pembalut dan kebutuhan lainnya. karena rata2 anak di panti memasuki masa2 pertumbuhan, seharinya mereka membutuhkan sekitar 15kg beras. total anak di panti berjumlah 24 orang dengan 10 anak perempuan dan 14 anak laki2. kemudian untuk kamar perempuan mereka butuh tempat tidur tingkat. kalau kamar laki2 mereka sudah mendapat bantuan ketika bangunan permanen yang baru dibangun kemarin.

anak2 panti. total 24 orang
kamar anak2 perempuan
bangunan permanen yang baru untuk kamar anak2 laki2
setelah itu, waktu sudah menunjukkan pukul 3 sore. waktunya pulang, dan sebelum pulang kami foto2 dulu didepan gerbang untuk dijadikan kenang2an. semoga masih ada rejeki untuk kunjungan berikutnya. dan juga semoga melalui tulisan ini, ada tangan2 lain yang mau mengulurkan bantuan kepada mereka dalam bentuk apapun itu. bagi teman2 yang mau berbagi, bisa kontak langsung ke pengurus panti (Pak Ration - 0813-4960-9949). see you all in the next post
foto secara simbolis

0 Comments