Guide : Pengeluaran dan Itinerary selama Family Trip

Yosh!!! apa kabar semuanya? sudah planing akan liburan kemana tahun ini? semoga ada satu lagi wishlist tempat yang akan dikunjungi di tahun ini dapat tercapai ya. well, kali ini saya mau berbagi info mengenai berapa sih pengeluaran kami sekeluarga ketika Family Trip kemarin? bukan kemarin sih ya. tahun lalu. hahaha semoga informasinya masih berguna buat teman2 yang lagi cari info kira2 berapa budget yang diperlukan untuk sebuah family trip. plus di tulisan ini juga saya sekalian berbagi itinerary yang telah kami tempuh kemarin.

Day 1 - 08 Januari 2019

Menuju Bandara Supadio Pontianak
Landing @ KLIA2
Menuju Hostel (Barry Inn)

08-Jan

Rp          1.400.000
TOTAL DAY 1

Rp          2.097.387
untuk hari pertama ini, kita ngemil di dalam pesawat, bekal McDonald's untuk makan di hotel dan ambil sim card yang udah dipesan via Klook. asiknya nginap di Barry Inn ini kita dikasi free shuttle bus dari bandara ke hotel dan sebaliknya. Jadi harga Rp1.400.000 itu kita total dapat 3 kamar dan hanya menginap untuk 1 malam saja.

Day 2 - 09 Januari 2019

Menuju KLIA2
Landing @ Changi Airport
Makan di Staff Canteen (Must go untuk hemat uang makan siang)
Wizarding World T3 Changi Airport (event)
Menuju Johor Bahru (How to go from Changi Airport : ke T2 Changi, lalu nyari loket bus Transtar Cross Border. 10 SGD / pax)
Bazaar Karat Johor (Night Market)
wizarding world

Bus To Johor
 SGD   100,00
 Rp              980.000
Grab to Apartemen (2 mobil)
 MYR     20,00
 Rp                68.000
Makan malam
 MYR     63,00
 Rp              214.200
Air mineral
 MYR     14,00
 Rp                47.600
Princess And Cove Apartemen (Johor)

Rp          2.067.450
TOTAL DAY 2

Rp          4.145.310
praktis hari kedua ini kami habiskan waktu di bandara dan di jalan saja. apalagi ketika berada di imigrasi singapore (Woodlands). antriannya sangat2 luar biasa dan sangat menyiksa bagi yang bawa koper banyak dan besar kayak kami. tapi semua capek itu terbayar ketika sampai di apartemen yang kami sewa via Airbnb. view dari dalam kamar lumayan bagus dan apartemennya nyaman untuk ditempati.

Day 3 - 10 Januari 2019

Aeon Mall

Makan siang di Aeon
 MYR     19,60
 Rp                66.640
Grab to Capital City Mall (1 mobil)
 MYR     40,00
 Rp              119.000
TOTAL DAY 3

Rp              718.420
hari ini seharian di mall padahal rencana awalnya kita mau ke Legoland dan Johor Premium Outlet. tapi karena katanya kejauhan, yaudah ngak jadi.

Day 4 - 11 Januari 2019

Itinerary
Menuju Singapore (bisa pakai bus / kereta)
Eksplor Bugis Street
Garden By The Bay (How to go from Bugis Street : MRT Downtown Line turun di Bayfront Station)
1 Dollar Shop Singapore

Bus to Queen Street
 SGD     24,00
 Rp              235.200
ABC Hostel Bugis Street (SG)

Rp          3.100.000
 Rp              258.720
TOTAL DAY 4

Rp          4.918.720
hari ini kita menuju Singapore menggunakan kereta. kirain pakai kereta gak akan rebutan, rupanya sama aja. hahaha meskipun jarak ke singapore cuman 5 menit, tapi tetap aja antriannya ribet dan rebut2an kursi juga. begitu sampai di Singapore, kita eksplor di sekitaran Bugis Street. ngak lupa belanja di 1 Dollar Shop. kalap deh belanja di toko ini plus kita beli sedikit suvenir di lorong bugis street. malamnya kita nonton The Garden Rhapsody Show di Garden by The Bay.

Baca Juga : Familymoon : Trip with Keluarga Boyasah Day 4 - Singapore

Day 5 - 12 Januari 2019

Itinerary
Patung Merlion (How to go from Bugis Street : MRT East West Line turun di Raffles Place)
Sentosa Island (How to go from Patung Merlion : MRT East West Line turun di Outram Park. Transfer ke North East Line turun di Harbour Front)
Madame Tussauds Singapore (Bus A turun di Imbiah Lookout)
Nonton Crane Dance

Rp          1.746.833
TOTAL DAY 5

Rp          1.962.433
hari ini kita akan seharian di Sentosa Island trus main ke museum madame tussauds yang katanya berbeda dengan museum2 madame tussauds lainnya.  karena saya belum pernah ke museum madame tussauds yang lain, jadi belum ada perbandingan. yah ada beberapa wahana yang memang menunjukkan betapa futuristiknya Singapore sih.

sebelum ke sentosa, kita main dulu ke Merlion Park untuk foto bareng patung singa yang menjadi ciri khas singapore. pas lagi jalan ke merlion park, ketemu sama nenek2 penjual es potong. enak banget es nya. pas sampai merlion park, udah ramai aja yang foto di sana. kita nyari spot seadanya aja abis itu udahan karena pas cuaca lagi terik2nya.

Baca Juga : Familymoon : Trip with Keluarga Boyasah Day 5 - Singapore

Day 6 - 13 Januari 2019

Itinerary
Changi Airport (How to go from Bugis Street : East West Line turun di Changi Airport)
13-Jan
Van to Alor (Boyasah Family)
 MYR   233,00
 Rp              792.200
Apple Hostel (KL)

Rp              650.000
Van to KLIA2 (Boyasah Family)
 MYR   233,00
 Rp              792.200
TOTAL DAY 6

Rp          2.234.400
hari terakhir dari Family Trip, tapi saya berdua istri masih lanjut ke Thailand untuk honeymoon. sedangkan keluarga yang lain transit di KL sebelum besoknya pulang ke Pontianak
TOTAL FAMILY TRIP BUDGET
 Rp        16.076.670

Tiket Pontianak - Kuala Lumpur (bagasi 20 kg)
 Rp          6.922.100
Tiket Kuala Lumpur - Singapore (bagasi 50 kg)
 Rp          7.189.840
TOTAL TIKET
 Rp        14.111.940

TOTAL BUDGET INC TIKET
 Rp        30.188.610
total pengeluaran yang tercatat oleh kami selama 6 hari perjalanan adalah Rp16.076.670. sudah include makan dan transport tapi diluar tiket pesawat dan oleh2. sedangkan untuk tiket (7 Dewasa dan 2 Anak. karena saya dan istri kami hitung pisah untuk tiket), kami mengeluarkan Rp14.111.940 sehinga total semuanya adalah Rp30.188.610. untuk kurs Ringgit saya anggap 1 RM = Rp3.400 dan kurs Singapore Dollar 1 SGD = Rp9.800. kami serombongan total 9 dewasa dan 2 Anak (5 tahun dan 2 tahun).

Baca juga : Honeymoon Day 6 - See you again Singapore. Hello Bangkok!

beginilah kira2 gambaran budget yang diperlukan kalau misalnya itinerary yang disusun kurang lebih seperti yang saya bagikan di atas. tentu ini tidak bisa dijadikan patokan pasti karena semua balik lagi ke itinerary yang kita susun dan tiket yang kita dapat di harga berapa. tapi semoga dengan tulisan ini, bisa memberikan gambara kepada teman2 apabila mau melakukan Family Trip.

good bye family trip

12 Comments

1. Kalau ditotal jadi banyak juga yaaa :D

Tapi semisal dirata-rata bisa dibilang lumayan murah, karena perorang kisaran 3 jutaan untuk 6 harian sudah termasuk tiket dan hotel juga. Apalagi bisa liburan sama keluarga which is priceless~

Semoga dilancarkan selalu rejekinya mas, jadi bisa liburan lagi bersama keluarga dan share ceritanya di blog juga :D

1. baru itung2an soalnya hahaha. kemarin pas lagi trip sih ngak kerasa. pas udah pulang baru sadar habis segitu

thx doanya mas. semoga ada trip keluarga di lain kesempatan

2. Thats freaking cheap broo. Amazing banget bisa semurah itu twin.. see u in next trip

1. harusnya bisa lebih murah lagi dari harga tiketnya. cuman baru tau triknya akhir2 ini. next semoga bisa dapet yang lebih murah dari ini

semoga ada next trip lagi bro

3. wah seru ya kalau liburannya bisa bareng-bareng gitu. cara dapetin tiket murahnya gimana?

1. pengalaman yg seru sih liburan bareng keluarga

cara dapetin tiketnya ada di tulisan sebelumnya kak hehe

4. terima kasih, ini bisa jadi panduan bagi yang belum berpengalaman keluar negeri

5. Penasaran sama apartemen yang lo sewa di Johor

1. cek airbnb nya bro ahha ada link nya di postingan review

6. Wah komplit banget itinerary nya, kalau biasanya aku bikin itinerary buat diri sendiri tapi ini untuk keluarga. Simpan ah, siapa tau ntar bisa traveling bareng keluarga. Thanks for sharing kak :D