Honyemoon Day 10 - Phiphi Island Tour


Day 10 - 17 Januari 2019

hari yang sangat kami tunggu2 akhirnya tiba. ini lah tujuan utama dari semua perjalanan yang telah kita tempuh selama 10 hari ini. Phiphi Island Tour!!!

setelah kemarin kita beli paket tour seharga 1200 THB / pax di tepi jalan, menurut jadwal di voucher kita akan dijemput jam 8 pagi. jam 07:40 kita berdua udah tunggu di lobi hostel. sambil nunggu dijemput, kita foto2 dulu bentar. jam 08:05 belum ada tanda2 mobilnya datang. akhirnya kita minta tolong resepsionis hostel untuk telepon operator tour nya. ini lah kenapa penting untuk minta voucher / bukti pembayaran lengkap dengan kontak si operator dan pastikan ada nama kita  tercantum didalam vouchernya.

sekitar jam 08:20 baru kita dijemput dan ternyata masih harus jemput tamu yang lainnya juga. begitu masuk mobil, eeeh ketemu lagi ama 2 teman yg kemarin dari pakistan itu. plus tamu terakhir yang dijemput juga kebetulan dari pakistan. jadi lah kita ngobrol ber 4 dalem mobil selama perjalanan. dari patong beach ke dermaga memakan waktu sekitar 1 jam. sampe di dermaga udah rame mobil2 parkir disana. jam 09:30 kita sampe dermaga trus di briefing bentar ama tour guide nya. disuruh beli sepatu air biar ngak ketusuk bulu babi. dikasi liat gambar2nya yang kakinya parah banget ketusuk duri. setelah dipertimbangkan, yaudah kita beli aja sepatunya. harganya 350 THB / psg. rada mahal sih karena tadi malam kita ada ketemu di patong beach dibawah harga ini. trus kita ditawarin juga buat beli karet diselang pernapasan alat snorkeling nya. ditakut-takutin katanya bisa aja yang bekas make itu orang yang kena ebola atau hiv. yang bule2 ya jelaslah takut. pada beli mereka. sebiji karet itu harganya 200 THB kalo ngak salah ingat. kita sih biar aja. kata istri saya ngak mungkin kan mereka ngak bersihin abis dipake. hahaha. untungnya sampe hari ini sehat2 aja.
sarapan dulu gaes
pas briefing tadi kita sempat sarapan ringan dikit. ada kopi, teh dan sirup trus biskuit buat temenin minuman pagi itu. abis itu kita pilih pelampung dan alat snorkeling nya. semuanya masih oke sih dan ngak bau alat2nya. sekitar jam 10:20 kita disuruh kumpul diujung dermaga buat foto2. katanya sih untuk dokumentasi biar inget siapa aja anggota tournya kalo sewaktu2 terjadi kejadian yang tidak diinginkan. saya sih udah punya feeling kalo foto2 kami tadi nantinya bakal dijual. btw disarankan pake baju renang ato bikini nya langsung dari penginapan aja. karena bakal agak mepet waktunya buat ganti trus juga ngantri.
briefing

tepat pukul 10:30 kita berangkat pakai speedboat. 1 unit speedboat isinya sekitar 20an orang kalo ngak salah ingat. ombak hari ini cukup bersahabat dan cuaca sangat cerah jadinya speed bisa dikebutin. sekitar 1 jam perjalanan kita sampai di spot snorkeling. sekitar 1 jam lah di spot ini kita dikasi waktu untuk snorkeling. untungnya hari ini ombak ngak gede jadinya visibility nya lumayan bagus. coral dan ikan2 nya keliatan semua.
our first ever snorkeling experience

setelah snorkeling, diatas kapal udah disediakan minuman segar. sambil minum kita dibawa ke spot berikutnya, Maya Beach. tapi karena sedang ada pemeliharaan ekosistem laut disekitaran sana, kita ngak boleh mendekat. disekitar pantai juga ada kapal polisi laut nya Thailand. kita cuman dikasi waktu foto2 bentar abis itu lanjut ke spot berikutnya.
maya beach
next ke Monkey Cave. disini kita ngak dibolehin turun. cmn boleh foto aja dari jauh karena monyet2 nya agresif. ada beberapa kapal yang turunin penumpangnya ditepi pantai. guide kapal kami lemparin pisang ke lautnya dan monyet2 tadi bisa berenang buat ngambil pisang yang udah dilempar tadi. ngeri2 juga sih kalo sampe monyetnya lompat ke atas kapal soalnya ada yang udah gelantungan ditebing tepat diatas kapal kita.
monkey cave
lalu lanjut lagi ke tujuan berikutnya. Phiphi island yang menjadi tujuan utama tour hari ini. disini kita juga dikasi makan siang. menu nya prasmanan sih dan lumayan enak lah rasanya. dan btw perasaan saya ada foto makanannya tapi entah hilang kemana. mungkin karena hp saya udah mulai loadingnya agak lama sehingga pas foto trus belum ke save saya udah exit apps kamera nya.

di phiphi malah kita ngak sempat eksplor terlalu jauh karena takut ditinggal sama rombongan. jadinya cuman main2 di tepi pantai trus foto ala2 wallpaper gitu. yang duduk di ujung boat itu loh hahaha.


lokasi makan siang



foto2 diujung kapal. checked
sekitar jam 14:30, kita semua disuruh kumpul lagi untuk menuju ke pulau berikutnya. saya lupa apa nama pulaunya, tapi perjalanan dari phiphi island menuju pulau ini sekitar 60 menit. disini view nya lumayan bagus tapi sayang spot snorkelingnya agak kurang karena airnya agak keruh dan berpasir. trus juga banyak karang2 nya yang udah mati.

disini kita dikasi waktu sekitar 1 jam untuk main2. trus ada pondok khusus tiap rombongan. disana disediakan air, nenas dan semangka gratis. ada yang jualan sosis bakar juga. yah kami berdua cuman jalan sana sini, trus foto2, saya snorkeling istri jagain barang2. ya udah gitu aja ampe dipanggil lagi sama kepala rombongannya. abis itu kita dibawa pulang kembali ke dermaga. diakhir trip ini, mereka minta tips sesukarelanya untuk para kru yang udah bantu2. sepertinya memberikan tips udah biasa di sini.






trus pas udah nyampe dermaga, disuruh langsung naik mobil donk. tanpa dikasi kesempatan buat ganti baju. ya udah basah2an naik ke mobil. trus sebelum itu, ditawarin beli photo. rupanya itu photo tadi pagi sebelum kita berangkat dengan dalih biar mereka ingat anggota tour nya. hahaha sudah saya duga. harganya 200 THB. kata istri saya beli aja buat dijadikan kenang2an.

selesai deh trip kita di thailand. besok kita akan lanjut ke kota berikutnya. kemanakah itu? spoiler nya, kita akan kesalah satu kota yang menjadi kota yang dilindungi oleh UNESCO di malaysia. kota apakah itu? see you next post teman2.

2 Comments

  1. Catatan: berarti tur di Phuket pada suka telat dari jadwal ya. Kalo menurut gue sih itu trik penjualnya aja biar pada beli, koh.

    Ternyata orang Pakistan suka liburan ke Phuket ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari pertama sampai pulang kami dijemputnya selalu telat. hahah. mestinya sih pada ngaret supir2nya. ato karena macet juga jalanan di phuket

      entah emang dua orang itu yg suka pergi, ato emang pada umumnya orang pakistan suka ke phuket. hahaha

      Delete