Momiji here i come!!! Day 5 - Nikko






Day 5 - 04 November 2016

hari ini kami bangun agak awal karena akan mengejar kereta pertama ke Nikko yang akan berangkat pukul 06:20. selesai beres2, tepat jam 5 pagi kami mulai berjalan menuju ke stasiun tobu asakusa. tidak lupa singgah di 7-11 untuk beli sarapan onigiri, lip balm (karena bibir saya udah pecah parah), dan juga sarung tangan. total belanjaan semuanya kira2 1600 Yen. begitu sampai di stasiun tobu asakusa kita santai2 sejenak karena kereta belum datang. tepat pukul 06:20 kereta yang kami tumpangi pun bertolak menuju kota nikko. oh ya hari ini kita pakai Nikko All Area Pass seharga 4.520 Yen yang sudah kita beli kemarin. Adapun kegunaan dari pass ini secara garis besarnya adalah


1. bisa digunakan selama 4 hari berturut-turut di area nikko

2. untuk sekali perjalanan pulang pergi asakusa - nikko menggunakan limited express train

3. untuk unlimited ride bus di area nikko

untuk penjelasan lengkapnya bisa cek di Nikko Pass


Note : sewaktu di stasiun tobu asakusa, jika akan ke nikko harap naik di gerbong nomor 5 dan 6. jika akan ke kinugawa onsen, naik dari gerbong 1 sampai 4. gerbong akan mulai terpisah di stasiun shimo-imachi. sewaktu beli pass akan dijelaskan oleh petugasnya

Onigiri

lip balm


Tobu Asakusa Station


Nikko All Area Pass




karena dalam kereta hangat, rencana awal saya mau menikmati pemandangan selama perjalanan ke niko pun batal. saya tertidur cukup pulas sampai tiba2 udah sampai di stasiun tobu nikko (meskipun selalu terbangun setiap kali kereta berhenti). perjalanan dari tokyo ke nikko memakan waktu 120 menit. begitu turun dari kereta, loh loh.. kok orang2 pada berlarian ke arah halte bus ya? sedangkan kita berdua udah kebelet banget. liat jam udah 8:25 sedangkan bus pertama 8:35. akhirnya kita berdua buru2 ke wc dan langsung ngantri ke halte bus. antriannya udah mengular panjang aja. karena kita mau ke chuzenji lake, maka kita ngantri di halte 2B. karena antrian bus udah mengular panjang, akhirnya kita berdua ngak kebagian jatah bus pertama. jadinya mesti nunggu sejam lagi untuk dapat bus kedua. pagi ini suhu di nikko lumayan dingin. rupanya nikko ini ada di daerah pegunungan. terbukti dengan ada papan petunjuk yang ngasi info kalo posisi kita sekarang ini ada di 300an mdpl. meskipun matahari pagi itu terik, begitu di cek suhunya masih di bawah 10 derajat.brrrrrr.. dingin choooyyyyy.. setelah nunggu sejam, akhirnya bus yang ditunggu2 pun tiba. kita kebagian tempat duduk jadinya bisa jepret2 dengan puas. ngak kebayang kalo kita tadi naik bus pertama. pasti berdiri. lumayan juga dari stasiun tobu nikko ke chuzenji lake itu sekitar 60 menit. mana desak2an lagi kan.

Note : di depan stasiun nikko ini ada 3 halte bus.

1. Halte bus 2A untuk ke yumoto onsen (bisa ke chuzenji juga)

2. Halte bus 2B untuk ke chuzenji onsen

3. Halte bus 2C untuk world heritage (yang rutenya hanya mutar2 didaerah kota nikko)




dalam perjalanan ke chuzenji lake, kita melewati Irohazaka Winding Road. daaann viewnya.... oh.. my... goddddddddd.... bikin ternganga. viewnya warna warni choooooyyyyyy.. susah digambarkan dengan kata2. sayangnya saya sibuk vidio dan ngak sempat jepret2. cek di google aja ya gambarnya. wakakak. begitu sampai halte chuzenji onsen, nampak lah gaya kampungan kita. langsung aja foto2 sama daun2 yang udah berubah warna jadi merah. didepan halte ini ada gunung yang terlihat sekilas udah agak gersang. mungkin daunnya udh gugur semua. tapi ada 1 kejutan dari gunung itu. kami liat salju chooooyyy... yeeesss saljuuuu. meskipun liat dari kejauhan, oke lah yah. daripada ngak kan.






disambut bunga ini didepan halte chuzenji onsen

sebut saja bunga




tuh ada saljunya

lagi sibuk2nya kita foto sana sini, tiba2 aja kita udah sampai di depan sebuah danau which is Chuzenji Lake. anginnya kenceeeeeng bangeeeeeeettt.. sampai2 saya pakai sarung tangan aja masih berasa mati rasa tangan saya. celana jadi serasa basah kena anginnya. tapi teteuuuup ya.. eksis dulu braaayyy.. daaan di sepanjang danau ini, semua daun warnanya merah dan oranye wooooiiii!!! SUGOI!!!! 1 pohon aja kita pasang pose berkali2. bodoh amat sama angin kencang. yang penting eksis. ngak tau kapan lagi baru bisa balik ke sini. jadi kita puas2in fotonya.

dingin bangeeeeett braaayyyy








Chuzenji Lake


kita pun foto2 di hampir semua pohon yang kita temui, dan akhirnya ketemu 3 pertigaan besar. daaannn di sini viewnya juga ammm...eeee....zziiiiinngggggg.. sungguh benar2 keren. di depan pertigaan ada sebuah kuil (yang sepertinya Futarasan Shrine). kita pun singgah untuk liat2 dan tentunya jepret2. setelah itu kita baru ingat belum makan siang. liat jam juga udah tengah hari. akhirnya kita mutusin jalan balik ke arah halte bus tempat kita datang tadi. liat2 toko yang ada di sepanjang jalan, akhirnya kita mutusin makan di sebuah toko yang dibawahnya jual suvenir khas nikko dan di lantai atasnya dijadikan restoran. saya pun pesan kinoko udon seharga 950 Yen (lumayan murah karena rata2 saya liat menunya diatas 900 Yen). restoran ini lumayan mantap viewnya. langsung menghadap ke chuzenji lake. jadi syahdu makannya. sayangnya kurang kakak2 kawaii dan mulus aja *eeh* yang jadi pelayannya udah ibu2 semua.





ini foto di pertigaan


futarasan srhine (sepertinya)

torii yang menghadap ke chuzenji lake


daftar menu


kinoko udon pesanan saya


selesai makan, kita pun liat2 toko suvenir dibawah. semuanya khas nikko. akhirnya saya khilaf dan beli coklat mochi seharga 580 Yen (yang ini enak nih), pajangan three wise monkeys seharga 350 Yen, dan pajangan nikko toshogu shrine seharga 450 Yen. sewaktu belanja ada kejadian memalukan terjadi. waktu bayar semua belanjaan saya pakai uang recehan. maklum uang jepang itu kebanyakan koin. yang kertas mulai dari pecahan 1.000 Yen dan nominal dibawahnya pakai koin. setelah bayar lalu si ibu kasir nyodorkan kembali uang receh pecahan 20. yah saya sodorkan kembali donk secara udah hitung semua dan totalnya pas. si ibu nyodorkan kembali jawabnya no no no. saya pun bingung *garuk2 kepala* daaan ternyata usut punya usut itu duit ringgit. *facepalm* malu euy :p (efek kebanyakan duit) < ngeles lagi.

Nikko Toshogu Shrine


Three Wise Monkeys




Mochi coklat khas nikko


selesai belanja, liat jam udah jam 2. jadi kita mutusin buat balik ke halte bus. kita rencananya mau langsung balik ke stasiun tobu nikko karena kita rencana pakai kereta terakhir buat balik ke tokyo jam 5:39 sore. asik2nya jalan ke halte dari kejauhan liat loh kok kayak ada antrian ya. saya bilang ke sahat ah mungkin itu cuman antrian masuk ke onsen. setelah kita mendekat akhirnya kita tau apa arti dari antrian itu. rupanya itu antrian untuk halte bus 2B. yang artinyaaaaaaaa.. itu bus untuk kita balik ke stasiun tobu nikko. Wash The Fish *facepalm*. antriannyaaa gilaaaaaaaakkkkk. 100an meter ada kali tuh antrian dari depan halte. sedangkan bus datangnya cuman satu jam sekali. liat dipapan pengumuman jarak tempuh bus yang tadi pagi cuman 60 menit berubah menjadi 80 menit. whaaattt!?!?!? *keringat dingin* kita pun mulai itung2an. dengan jarak antrian sepanjang ini anggap saja kita kebagian bus ke 3. jadi??? sekang jam 2 hampir jam 3, sedangkan kita kebagian bus ke 3 yang masih 240 menit aka 2 jam lagi. itu pun kalo kebagian, kalo ngak? *krik krik krik* ngemper di stasiun donk??? kita pun jadi harap2 cemas jadinya. lagi ngantri tiba2 ada cewek nongol katanya mereka ada di depan kami. oke lah ya pikir kami cuman 1 orang. eeehh rupanyaaa mereka total 5 orang. arrrggghh *flip skirt eeh table* pikir kami makin suram nih. bener2 bakal ngemper lah. kita pun akhirnya ngobrol2 dengan mereka. rupanya mereka itu 4 orang dari thailand dan 1 nya dari malaysia. yang dari malay lumayan euyyy. suaranya itu loh. bikin eeemmmm lupa sama yang di rumah *maap buat yang dirumah ini demi kerjaan* wakakak.. bisa aja ngeles nya. oke lupakan cewe tadi. tengah ngobrol eeeh ada bis datang. *om telolet om* telolet telolet. bus berhenti di halte 2A (menuju yumoto onsen) yang isinya kosong. pikir saya, ini jalur bus kan muter2 kan harusnya bus ini ntar juga balik ke stasiun nikko cuman musti ikut dia muter ke yumoto onsen aja. sebelum naik tanya petugasnya dulu (kali ini ngak sok2an bahasa jepang lagi) tapi katanya bus ini ngak balik lagi ke stasiun tobu nikko. cuman ke yumoto onsen. jaaaahhhh.. akhirnya kita mundur teratur dan balik lagi ke antrian.

bebarapa saat setelah itu, akhirnya ada bus datang. kali ini berhenti di halte 2B. yeeeeeaaahhh.. bagitu bus berhenti kita perhatiin itu bus. loh kok?!?! udah lah isinya penuh eeehh yang turun juga cuman beberapa orang. loh loh.. my god.. angin dan cuaca di daerah nikko bener2 sangat menyiksa. anginnya kering dan suhunya tetap di bawah 10 derajat. untungnya dihalte ini ada ruang tunggu. jadi saya dan sahat gantian jagain antrian sambil sesekali menghangatkan diri ke dalam. akhirnya setelah menanti2 selama 1 jam, bus berikutnya pun datang. kali ini bus isi nya kosong. karena kita udah pasrah kita liatin lah penumpang2 di depan kita naik ke bus. daaaaannn pas sampai antrian rombongan yang 5 orang didepan kita tadi, mereka di suruh stop. what!?!? udah depan mata nih wooiiiii. tapi eeh yang 5 orang tadi di suruh naek. lah kita??? dengan sedihnya mereka melambai ke kita pertanda bahwa kita mungkin ketinggal dan musti nunggu bus berikutnya. liat jam udah jam 3 lewat. entah si supir itu merupakan pendukung salah satu paslon pilkada DKI ato bukan (gak ada hubungannya keles :p), sahat maju ke depan dan nunjukin jari tengah *eeh* 2 jari ke arah si supir alias kode kita cuman dua orang. daaaan daaan daaaann jebreeeeeettttt kita dibolehin naek woeeeeeee.. *cipok pak supir nya :D* meskipun desak2an yang penting kita bisa pulang euy. ngak jadi ngemper di stasiun tobu nikko malam ini.

akhirnya rombongan yang tadi 5 orang itu turun di shinkyo bridge dan pamit sama kita. mereka masih mau foto2 di sana tapi kami ngak turun karena menurut autumn report di website japan guide daerah shinkyo bridge belum memasuki puncak musim gugur. meskipun belum puncaknya, menurut saya shinkyo bridge tetap memiliki pesonanya. kita sempat liat sekilas sewaktu bus lewat di depannya. bagi yang penasaran dengan view dari shinkyo bridge bisa googling ya. akhirnya kita tiba di stasiun tobu nikko sekitar jam 4 sore. waktu masih ada sejam lebih. kita akhirnya nyantai di depan platform dan beli kopi anget dari vending machine seharga 130 Yen. lumayan juga buat di pegang untuk angetin badan dan tangan yang udah beku. begitu kalengnya udah dingin baru kita minum isinya. lumayan enak juga rasa kopinya. akhirnya kereta kita tiba dan kita pun melanjutkan perjalanan kembali ke tokyo. syukurlah ngak jadi ngemper di stasiun. sampai di asakusa kita langsung bergegas kembali ke hostel dan tidak lupa singgah ke 7-11 untuk beli makan malam seharga 560 Yen, saya juga sekalian beli penhangat kepala seharga 756 Yen. abis makan kita langsung bersih2 dan tidur karena besok lagi2 kita harus bangun pagi untuk kejar bus pertama ke kawaguchiko.

senja di stasiun nikko


kopinya anget dan enak




gimana kisah selanjutnya?? tetap pantengin terus ya. see yaa


Note : bus di nikko sangat sangat sangat sedikit. 1 jam cuman ada 1. di peak season pun begitu. tidak ada tambahan armada. jadi berhati2 lah kalo ke nikko pas puncak musim gugur. bisa2 ngemper beneran nantinya

di sarankan untuk nginap di nikko biar lebih puas. terbukti kami cuman dapat 2 spot aja di nikko karena keterbatasan waktu

kalo di tanya 4.520 Yen untuk trip sehari ke nikko worth it gk? bagi saya worth it bangeeeeeetttt. ngak nyesel beli mahal2 dapat view yang ngak ada duanya. tapi lebih worth it kalo kita nginap. bisa jelajah lebih banyak spot2 wisata

puncak musim gugur di nikko tidak serentak. musim gugur di nikko di mulai dari area yumoto onsen (pertengahan hingga akhir oktober), lalu disusul oleh chuzenji onsen (awal hingga pertengahan november) dan terakhir di daerah kota nikko / nikko heritage site (pertengahan hingga akhir november). silahkan di cek sewaktu membeli pass atau kunjungi website japan guide



















































20 Comments

  1. Aaah selalu ngiri kalo liat orang orang ke Jepang.
    Pengen rasanya bisa kesana .
    pokoknya suatu saat harus ke Japan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lah. pasti bisa. saya juga dulunya cuman bisa baca2 di blog orang juga. dan akhirnya bisa kesampean

      Delete
  2. Ya ampuuuunnnn, nyesel aku ga ke nikko. Itu autumn aja suhu udh minus 10, seriuuss???? Gmn winter yaaa...

    Kalo ttg koin jepang nih, aku jg prnh salah.. T pi pas di korea mas.. Itu koin 100 nya mirip banget :p. Mnrt mataku yaa.. Tp si org koreanya geleng2 pas diksh :p. Akhirnya dia ksh tau itu uang beda.. Bukan koin korea. Mana tulisannya jg ga bisa baca akunya wkwkwkwk.. Kalo koin malaysia kan msh ada hurup latinnya yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya under 10 itu dibawah 10 derajat :p suhunya di kisaran 5-8 kalo ngak salah. nikko juga ada salju kok pas musim dingin. jadi ngak perlu jauh2 ke sapporo kalo budget minim :P

      wakakak.. gpp lah. kan gk ada yang kenal sama kita. jadi yah gak malu2 amat :D

      Delete
  3. tanggal 20 nov masih kayak gini ngak yah????

    ReplyDelete
    Replies
    1. 20 nov di area ini udah habis daunnya. mungkin di daerah central nikko nya belum. spot wisatanya cuman makamnya tokugawa ieyasu, shinkyo bridge, dll. coba googling liat spot nya. lumayan bagus juga kok

      Delete
  4. apa dengan tobu niko all pas,
    1.limited express tercover?
    2. apakah kereta ke nikonya ada transfer2?
    3. kalo memang perlu beberapa kali transfer, apakah ada lift atau eskalator di masing2 station? soalnya geret koper

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. tobu nikko all day pass emang cover kereta limited express PP asaksua - nikko. kalo tokyo wide pass cover shinkansen tapi ngak cover biaya bus di nikko

      2. tidak ada transfer. jadi direct 2 jam dari asakusa langsung sampai di stasiun tobu nikko.

      Note : sewaktu di stasiun tobu nikko asakusa, jika akan ke nikko harap naik di gerbong nomor 5 dan 6. jika akan ke kinugawa onsen, naik dari gerbong 1 sampai 4. gerbong akan mulai terpisah di stasiun shimo-imachi. sewaktu beli pass akan dijelaskan oleh petugasnya

      3. kalo di stasiun tobu nikko sih datar mba. ngak ada tanjakan atopun tangga. ngak tau kalo di stasiun JR nikko nya. soalnya saya pakai nikko all day pass jadinya turun di stasiun tobu. kalo tokyo wide pass turun di stasiun JR

      Delete
  5. Hai ka, sharingnya membantu sekali. Tapi aku masih bingung, sebenarnya kereta yang tercover all pass area itu apa saja ya ? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. all area pass cover kereta PP asakusa - nikko. selama di sana transportasinya hanya bus aja. kecuali mau ke area lain di nikko (seperti nikko edo wonderland, dll) yang letak areanya agak keluar dari kota nikko

      Delete
    2. Makasi pencerahannya kan. Oh begitu, jadi semua tercover ya. Dan kereta-nya hanya bisa yang local express saja ya, tidak spacia atau limited revaty

      Delete
    3. iyap benar sekali. hanya kereta local saja. kecuali pakai TWP

      Delete
  6. Wuihh hahaha. Ini dia artikel juaranya. Mengingatkan kembali hasil foto lo dan sahat yang keren2.. kayak wallpaper banget ya autumnnya. Ngiler parahhh. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bakat terpendam ya kayaknya hahahah.. kamera sahat yg keren noh. saya foto cmn make HH oppo F1s itu

      Delete
    2. Haiiiii saya kembali lagi di sini HAHAHA. Masih penasaran sama Nikko. Btw sempet ngerekam videonya ngga bro? Pengen liat. Musim sakura kira-kira rame juga ga ya tuh bis? Bikin degdegan aje. ckck

      Delete
    3. vidio ada cmn beberapa aja. itu pun iseng2 ahahah kalo spring kurang tau y. bisa jadi lebih rame karena musim liburan kan

      Delete
  7. rencana mau ke jepang 17-27 oktober..kira2 udah masuk autumn kan ya di tgl segitu??mau tanya kalo cuma sehari di nikko cocoknya pake pass apa ya yg bisa mencover semuar rute wisata??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau oktober tokyo, kyoto, osaka belum mba. jepang bagian utara yang udah seperti di sapporo dan area tohoku. kalau nikko, oktober yg kebagian autumn baru di daerah yumoto onsen

      sebelum pergi, bisa cek autumn report nya di web japan-guide.com

      kalau sehari bakalan mepet kayak saya kemarin. kalo pegang JR Pass bisa pakai shinkansen. cuman di nikkonya naek bus yang bayar. kalo ngak pegang pass, bisa beli Nikko All Area Pass. tapi saya sarankan nginep sih. saya aja 1 hari kurang puas di nikko

      Delete
  8. Hallo mas thank you for sharing this, saya mau nanya, apa nikko all area pass bisa dipake pulang ke tokyo ya ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo bang. thx udh singgah ya

      nikko all area pass kegunaannya

      1. bisa digunakan selama 4 hari berturut-turut di area nikko

      2. untuk sekali perjalanan pulang pergi asakusa - nikko menggunakan limited express train

      3. untuk unlimited ride bus di area nikko

      btw perlu di note ya. kalau pegang JR Pass, berangkatnya dari stasiun shinjuku atau stasiun tokyo.

      kalau pegang Nikko All Area Pass berangkatnya dari asakusa. sudah tercover PP kok pass nya

      Delete